Jangan menghapus foto satu-persatu yang ada di memory card dengan kamera, secara umum memory card di format FAT, dengan menghapus satu persatu dapat merubah susunan data dimemory, dan ketika digunakan kembali cenderung akan mengacaukan struktur di memory, cara terbaik menghapus foto adalah dengan memformat memory tersebut.


Formatlah memory card dengan kamera, jangan format memory card dengan computer. Selain itu jangan memformat memory dengan kamera A lalu menggunakan memory tersebut dengan Kamera B. Sebagaimana diketahui setiap kamera memiliki standard manufacture yang berbeda, misalnya memory di format dengan kamera Canon, lalu memory dipakai di kamera Nikon karena format yang berbeda kemungkinan corrupt sangat tinggi.

Anggaplah Anda membeli Memory card BAGUS & MAHAL, tapi CARD READER yang dipakai yang MURAHAN, maka Memory card akan cepat rusak/corrupt. Sangat jarang memory corupt saat di pakai dikamera, namun sering corupt saat di pakai di CARD READER MURAHAN.

Jangan pernah menggunakan Memory Card sampai penuh 100%, tapi saat mendekati 80-90% segeralah gunakan memory cadangan, sama seperti hardisk komputer, saat hardisk hampir penuh, maka hardisk akan bekerja lebih keras untuk simpan dan load data.

Jangan pertaruhkan hasil kerja fotomu dan moment2 penting dengan Memory Card murahan, karena resikonya adalah jika foto gagal tersimpan akibat memory card corupt adalah mengulang event photographynya (bagaimana kalau event itu adalah wedding??)

Jika tidak terpakai, selalu simpanlah memory card di kotak/box dan tersimpan dengan suhu yang aman.

Setiap pemotretan bawalah minimal 2-3 memory card cadangan, karena benda ini termasuk sangat sensitif, kita tidak akan mengetahui kapan dia akan corupt!!

Salam Jepret!!
www.fotoservo.com #fotoservo